Foto Usang Dari Pasar Loak Ini Dihargai Rp 66 Miliar Loh

Lusuh, usang, dan sama sekali tidak terlihat menarik. Tetapi kenapa foto ini bisa dihargai Rp. 66 miliar, ya?

Pada tahun 2010 silam, seseorang pria asal California, AS, yang bernama Randy Guijarro membeli selembar foto usang di pasar loak dengan harga 2 dollar AS atau setara 26.000 rupiah.

foto usang yang dibeli Rady di pasar loak dengan harga Rp. 26 ribu

Awalnya, Randy hanya menganggap foto itu sebagai foto tua biasa. Tak ada yang aneh dari foto usang tersebut. Bahkan, kalau dilihat-lihat tampak tidak menarik sama sekali.
Namun siapa sangka, ternyata foto tintype yang telah lusuh itu menangkap sosok legendaris Billy the Kid, yang merupakan seorang bandit koboi Amerika Serikat yang merajalela di era wild west.

Billy the kid adalah seorang bandit legendaris yang lahir pada tahun 1859 di New York, dengan nama asli William Henry McCarty. Kid merupakan seorang pencuri, penjudi, dan pembunuh. Dilaporkan di usianya ke-21, ia telah membunuh lebih dari 20 orang.

Billy The Kid

Pada bulan April 1881, Kid dihukum gantung karena pembunuhan Sherrif, namun dia berhasil kabur dari penjara dengan membunuh 2 deputi. Tetapi kebebasannya tidak berlangsung lama, 2 bulan kemudian, Sherrif Pat Garret berhasil mengadilinya, dengan menembaknya mati pada 14 juli 1881. Versi lain menceritakan bahwa Kid meninggal akibat serangan jantung. Hingga saat ini, kematian Kid masih menjadi misteri.

Kembali ke cerita foto lusuh tersebut:

Karena pada foto itu terdapat sosok bandit legendaris, maka foto itu diperkirakan memiliki nilai jual mencapai 5 juta dollar AS atau lebih dari Rp 66 miliar. Selanjunya, balai lelang Kagin’s pun menyelidiki keaslian foto tersebut. Diperlukan waktu setahun buat memverifikasi kebenaran foto yang bersangkutan.

“Kami harus benar-benar yakin soal di mana, kapan, bagaimana, dan kenapa foto tersebut diambil. Sekedar mirip saja tidak cukup untuk kasus semacam ini,” sebut David McCarthy dari Kagin’s.
Dari hasil penyelidikan, disimpulkan bahwa foto yang bersangkutan memang lah benar-benar asli. Pada foto tersebut kelihatan Billy sedang bermain croquet dengan kawan, keluarga, dan komplotannnya, “The Regulators”, pada musim panas tahun 1878 usai sebuah acara pernikahan.

Demikianlah, akhirnya foto usang seharga Rp. 26 ribu itu dibeli kembali oleh balai lelang Kagin’s dengan harga Rp.66 miliar. WOW!





Previous
Next Post »