Jembatan Paling Ekstrem dan unik di Dunia, Berani Lewat ?

Jika selama ini kamu mengira bahwa semua bentuk jembatan hanya lurus-lurus saja, rasanya kamu perlu melihat beberapa bentuk jembatan yang ekstrem dan unik ini..


Jembatan adalah bangunan berbentuk melintang yang digunakan sebagai penghubung dua tempat yang terpisahkan. Biasanya dua tempat tersebut dipisahkan oleh sungai, jurang, ataupun jalan raya. Dengan adanya jembatan, maka para pejalan kaki atau kendaraan dapat menyeberangi jalan raya atapun sungai tersebut dengan mudah.

Namun, apa jadinya jika jembatan tersebut mempunyai bentuk yang mengerikan dan ekstrem? Bukannya mempermudah proses penyebrangan, tetapi malah menimbulkan kesan horor. Bahkan saking ekstremnya, jembatan tersebut dijadikan wahana bermain.

Kira-kira seberapa ekstremkah jembatan-jembatan tersebut? Penasaran? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

1.Jembatan Storseisundet di Norwegia


Jembatan terekstrem pertama berlokasi di Norwegia, dikenal dengan sebutan jembatan “Storseisundet”. Jembatan ini menghubungkan daratan Norwegia dengan pulau Averoya.

Dilihat dari gambar diatas, tentu anda sudah bisa membayangkan betapa mengerikannya jembatan Storseisundet ini. Jembatan ini dibentuk melengkung dengan lekungan yag sangat curam.

Jembatan Storseisundet juga dikenal dengan sebutan “jembatan optik” karena memberikan kesan ilusi optik. Apabila ada kendaraan yang melintasi jembatan tersebut, maka jika dilihat dari kejauhan, kendaraan tersebut seakan-seakan terputus.

2.Twist Bridge di Belanda


Jembatan ekstrem selanjutnya adalah jembatan Twist Bridge yang terletak di Belanda. Jembatan ini juga mempunyai ilusi optik pada bagunannya. Dimana bangunan dari jembatan ini seakan-akan terlihat berputar dan seperti akan runtuh ke sungai yang ada di bawahnya. Karena itulah jembatan ini dinamakan ‘Twist Bridge’.

Jika melewati jembatan ini dengan cepat sambil memperhatikan alur, kita akan merasa pusing. Tapi bukannya di protes, tempat ini justru malah begitu menarik perhatian warga maupun turis. Jembatan ini pun kini dinobatkan sebagai jembatan terindah di Belanda.

3.Jembatan Langkawi Sky di Malaysia


Mau yang lebih ekstrim lagi? Jembatan Langkawi Sky yang ada di Malaysia ini patut kamu coba nih.

Jembatan Langkawi Sky berada di atas jurang, tepatnya di puncak Gunung Mat Chinchang dengan ketinggian kurang lebih 2300 kaki. Jembatan ini menghubungkan dua gunung yang berdekatan.

Lalu apa yang menarik dari jembatan ini? Jembatan Langkawi Sky digantung dengan kabel-kabel yang terbuat dari baja pada sebuah tiang besar. Karena bentuk dan lokasinya yang tak biasa, Jembatan Langkawi Sky masuk ke dalam daftar jembatan terunik di dunia.

4.Jembatan Balon Helium di Inggris


Jembatan bisa terbang? Tentu saja bisa. Di Inggris ada sebuah jembatan yang bisa terbang karena dikaitkan dengan tiga balon helium. Jembatan ini melintangi sebuah danau di Inggris.

Saat melintasi jembatan Balon Helium ini kita akan bergoyang-goyang. Dan ekstremnya lagi, jembatan ini belum difasilitasi keamanan yang baik. Jadi, kita harus pintar-pintar mengatur keseimbangan tubuh kita sendiri. Terbayang kan, bagaimana rasanya melintasi jembatan ini?

5.Jembatan Trampolin di Paris


Nah, kalau jembatan yang satu ini tidak hanya ekstrem tapi juga menyenangkan. Jembatan ini terletak tidak jauh dari menara Eiffel, tepatnya melintang di atas sungai Seine.

Jembatan Trampolin ini berbentuk tiga buah pelampung seperti donat yang berjejer. Untuk menyebrangi jembatan ini, kita harus meloncat-loncat hingga sampai tujuan.

Sangat mengasyikkan bukan? Tapi bagaimana yaa jika loncat terlalu tinggi dan kita terlempar keluar?. Tenang saja, karena setiap penyebrang akan dipinjamkan sebuah jaket pelampung.

6.Jembatan Roller Coaster di Jerman


Ingin menyebrrangi jembatan sekaligus merasakan sensasi wahana roller coaster? Berkunjung saja ke Jerman.

Di Jerman, ada jembatan berbentuk roller coaster yang melingkar dan meliuk-liuk seperti ular. Tinggi dari jembatan ini sekitar 45 meter dan terdiri dari 249 langkah. Tapi guys, Jembatan ini tidak digunakan untuk menyebrang, melainkan sebagai wahana untuk melihat keindahan kota dari ketinggian. Karena keunikannya, wahana ini sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan asing.

7.Jembatan Hussaini Hanging di Pakistan Utara


Jembatan Hussaini Hanging di Pakistan dikenal sebagai jembatan paling berbahaya di dunia. Jembatan ini sudah berumur sangat tua dengan suspensi yang sederhana dan papan pijakan seadanya. 

Setiap orang yang melintas di jembatan ini harus berpegangan pada tali dengan kuat serta melompat dari satu papan ke papan lain yang memang di pasang begitu renggang

Jembatan ini dikatakan ekstrem karena kurang terperlihara, dimana banyak papan yang hilang. Selain itu, seringkali angin mengguncang jembatan ini ketika ada penyeberang yang lewat. Meskipun demikian, jembatan ini banyak menarik minat wisatawan. Jembatan ini sangat cocok bagi anda yang ingin menguji nyali. Berani coba?

***

Itulah tadi beberapa jembatan yang dibangun dengan bentuk yang sangat unik. Jembatan-jembatan ini sangat ekstrem dan juga berbahaya. Bahkan ada yang pernah memakan korban pada sebuah kecelakaan.

Menurut readers sendiri, jembatan mana nih yang paling menantang untuk dilewati?




Previous
Next Post »