Pengendara Yang Baik Dan Benar itu Tidak Pernah Melakukan 10 Hal ini

Smart Rider don't do this!

Bukan mau menggurui atau semacamnya, tapi ane cuma mau mengajak temen-temen sekalian untuk melakukan sedikit perubahan dengan cara kita berkendara di jalanan. User LubangBerita membuat ilustrasi ini supaya temen-temen sadar "dosa-dosa" kita di jalanan yang bisa bikin macet, sekaligus membahayakan pengendera lain.

1.Kalau emang nyetirnya pelan, jangan ambil lajur kanan dong.


Kadang sering kita temui beberapa pengendara motor yang berjalan pelan di jalur cepat. Hal ini bisa menganggu pengendara lain yang lebih cepat. Kalau emang kalian mau nyetir pelan-pelan supaya aman, ya jangan ambil lajur cepat dong. Dan buat yang lebih cepat, jangan salip-salipan juga. Be fast but smart.

2.Saat di persimpangan yang punya sudut mati, jangan berbelok di arah yang salah.


Masih sering di persimpangan blind corner, banya pengendara yang berbelok dengan memotong jalur yang salah. Please don't do this.

3.Berhenti itu harus di belakang garis marka, bukannya di depan.


Bukan lagi harus berada di belakang garis marka, bahkan sekarang ini keadaannya sudah kayak gini. Di jalur dua arah persimpangan lampu merah. kadang motor-motor bisa memenuhi lampu merah, bahkan kadang sampai memenuhi jalur lawan arahnya. Selanjutnya apa yang bisa terjadi, bayangkan sendiri deh.

4.Lampu sen nya ke arah kiri, tapi motornya malah ke arah kanan


Mungkin nggak banyak yang seperti ini, tapi ada! Sen ke arah sebaliknya dan belok ke arah sebalikny. Mungkin sensor motoriknya rusak kali ya.

5.Dari lajur paling kiri, langsung motong ke arah kanan.


Kejadian ini juga sering dilakukan oleh pengendara motor. Bahkan kadang ada cewek juga yang begini. Kadang mereka bisa dari posisi paling kiri langsung potong kanan tanpa memperhatikan arus kendaraan yang melaju.

6.Pindah jalur atau berusaha menyalip tanpa liat kondisi di belakang.


ini juga sebenernya sangat membahayakan, dan masih banyak orang di jalan yang melakukan kesalahan ini. Saat terjadi sesuatu di depan, dan kendaraan di depan melambat, entah karena macet atau ada yang menyeberang, kita boleh menyalip, DENGAN SYARAT: kita telah melihat situasi ke belakang dan nggak ada kendaraan di belakang kita yang dapat membahayakan situasi tersebut. Kalau syarat tersebut di atas belum di penuhi, PLEASE sabar sedikit, berhenti di belakang kendaraan yang melambat tersebut, jangan asal langsung nyelonong. Liat dulu kondisi sampai bener-bener aman.

7.Ngasih sen mau belok, tapi ternyata malah lurus.


Ada juga kasus seperti ini, ragu atau apa yah? Kayaknya mau belok tapi ternyata lurus, dan berada di jalur paling kanan. Please ambil jalur tengah kalau emang ragu dan lakukan perhitungan matang sebelum berbelok.

8.Menyalip di sudut mati.


Blind Corner Overtake, kalian pasti tahu bahayanya apa, tapi masih banyak pengnedara yang kadang nekat melakukan hal ini. Padahal bisa saja ada mobil di arah sebaliknya.

9.Menyerobot dari jalur berlawanan, lalu berusaha masuk ke jalur aslinya.


Situasi ini sering terjadi di ruas jalan yang sempit 2 arah, dengan kondisi macet. Niat hati pengen lebih cepat dengan nyalip dari jalur berlawanan sampai akhirnya nggak bisa maju lagi dan sialnya, nggak cuma satu orang yang begini, mereka pada berjemaah dan akhirnya, stuck "ngelock". Niat mau lebih cepet tapi malah jadi macet kan? Tapi pada nggak ngerasa berdosa semua.

10.Itu tadi kalau cuma 1 jalur. Sekarang gimana jadinya kalau semua jalur juga pada begitu? Apalagi di lintasan kereta api?


Bayangkan sendiri apa yang bisa saja terjadi.



Sedikit perubahan, kalau dilakukan secara bersama-sama, bisa menghasilkan perubahan besar untuk mereka yang perduli tentang keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan raya.

Be a safety rider, be a smart rider.















Previous
Next Post »