7 Tips Merawat Sepatu Biar Gak Cepet Rusak

7 Tips Merawat Sepatu Biar Gak Cepet Rusak
Tips ngerawat sepatu biar gak cepet rusak


TIPS – Sepatu adalah barang yang selalu kamu andalkan setelah pakaian. Sepatu yang lusuh bisa membuat rasa PD-mu menurun. Gak nanggung-nanggung orang yang ngeliat kamu pake sepatu yang gak kerawat, akan mandang kamu kaya orang yang masa bodo dan males ngerawat diri. Apalagi saat moment ngelamar kerjaan, kamu gak bakal pake sepatu yang lusuh, warnanya luntur bahkan jebol dalemnya.

Hhm.. karena kamu terlalu sering pake sepatu yang itu-itu aja, nih Tipsmee kasih cara buat ngerawat sepatumu biar gak cepet rusak…

1.Rajin-rajin bersihin sepatu meski cuma sebentar kamu pakai.


Kamu harus rajin bersihin sepatumu. Setiap habis di pake, usap-usap pake kain bersih atau tisu buat ngebersihin sepatu dari debu dan kotoran yang menimbulkan jamur. Jangan biarin sepatumu kotor terlalu lama, karena bakal sulit ngebersihinnya

2.Selalu pakai Kaus Kaki


Kalau pake sepatu, harusnya kamu pake kaos kaki. Selain lebih nyaman dibuat jalan, dengan kaos kaki, keringat di sela jari kaki gak akan ngeresap ke dalam sepatu. Dengan begitu kaos kaki pun juga berguna buat mencegah jamur sepatu plus jamur kaki.

3.Jemus Sepatumu Di Saat Siang Bolong


Kekuatan sinar matahari pas siang hari emang gak bisa di pungkiri. Karena pas siang bolong itu, kamu bisa jemur sepatumu di bawah terik matahari. Sinar matahari yang panas banget, bisa nyegah kuman berkembangbiak. Karena kuman yang berkembangbiak itu yang nyebabin aroma sengak terasi dalam sepatumu. Jadi jemuar aja sepatumu kalau udah mulai bau gak enak.

4.Cuci minimal sekali seminggu



Gak jauh beda kayak bajumu sih, sepatu juga perlu di cuci rutin. Ya minimal seminggu sekali, biar tetap bersih dan awet. Kamu bisa bersihin pake sabun cair. Atau bisa juga pake sikat gigi yang udah gak ke pake biar kotoran di sela-sela kecil ikut kebawa air sabun waktu ngebilas.

5.Kalau sepatumu jarang kamu pake, simpan pake silica gel


Sebagian besar orang pasti bertanya-tanya kenapa di setiap kardus sepatu, ada kemasan kecil warna putih yang dalemnya kaya bola-bola mini. Kalau kamu belum tau, itu namanya silica gel. Silica gel berguna buat nyegah jamur muncul di sepatumu. Meski kecil gak berbau, tapi khasitanya gak usah diraguin lagi.

6.Angin-anginin sepatu


Kalau kamu masih nyimpen sepatumu dalam kardus, keluarin aja. Ya minimal 2 hari sekali. Itu juga buat ngejaga bahan sepatumu biar tetep tahan lama.


7.Ganti Sepatu


Jadi kalau kamu punya sepatu lebih dari satu, mending kamu buat gantian. Nyegah resiko sepatu yang cepet rusak sih. Kamu juga bisa nge-istirahatin sepatu lama, karena kasian kan kalau di pake terus, bisa-bisa jebol tu sepatu.




Previous
Next Post »