Penyebab Kenapa Orang Jaman Sekarang Punya Berat Badan Lebih Berat Dibandingkan 50 Tahun Lalu

Penyebab Kenapa Orang Jaman Sekarang Punya Berat Badan Lebih Berat Dibandingkan 50 Tahun Lalu

Daripada tiap menit melototin timbangan, baca dulu deh kenyataan pahit ini.


Jumlah obesitas di dunia sekarang ini jauh meningkat selama 50 tahun. Tapi kok bisa ya?
Hmm. Kalau dianalisa, kayaknya orang jaman sekarang lebih berat dibandingkan orang jaman dulu karena 7 hal ini.

1.Karena kita bergerak lebih sedikit.


Kita ini kurang gerak loh. Sekararang banyak pekerjaan yang bikin kita kurang gerak dibandingin pertengahan tahun 1960an. Salah satu alasannya adalah karena ledakan tekologi yang artinya banyak dari kita yang bekerja di belakang meja seharian. Emang sih teknologi sudah sangat membantu mengembangkan dunia, tapi kesehatan kita malah jadi menurun. Selain itu, kita juga jadi kurang mengalami liburan yang fokus pada aktifitas fisik.
Coba deh di tengah-tengah kesibukan dan rutinitasmu, kamu sempetin jogging atau jalan santai di sekiling komplek.

2.Waktu bermain malah jadi waktu untuk teknologi.


Anak jaman sekarang jarang banget bermain di luar rumah. Padahal kalau kamu tahu, saban sore kita selalu bermain-main di luar rumah bareng temen-temen loh. Emang masih ada anak yang menghabiskan waktunya di luar rumah, tapi kebanyakan dari mereka masih berkutat dengan hape atau komputer. 
Kalau emang butuh refreshing, jangan lakukan dengan hape. Carilah aktifitas seru yang bermanfaat dan pastinya nggak kalah dengan main gadget di luar rumah.

3.Kita jadi jarang memasak, tapi malah malah makan lebih banyak.


Faktanya, orang-orang jaman sekarang mengkonsumsi makanan lebih banyak dibandingin dengan 50 tahun lalu. Sekarang kan banyak restoran dan makanan cepat saji yang ditawarkan, apalagi warteg yang menjual makanan seporsi kuli tapi harganya pas banget buat kantong mahasiswa. Sebenarnya makanan yang sehat itu juga masih banyak kok, tapi begitu juga dengan makanan yang nggak sehat. Memasak sendiri di rumah juga bukan lagi jadi pilihan, karena terbatasnya waktu yang dipunya.

4.Cemilan Dimana-mana


Hayoo siapa yang suka nyemil waktu malam?
Jajanan cemilan ini lebih mudah didapatkan sekarang dibandingin 50 tahun lalu. Tapi mengkonsumsi cemilan ini bukanlah sesuatu yang menyehatkan lho. Kandungan kalori dalam sebuah snack itu cukup tinggi. Jaman dulu mana ada yang namanya Pringles.

5.Jumlah minuman bersoda juga semakin meningkat.


Waktu pertengahan tahun 60an, soda emang sudah ada, tapi sekarang ini soda menjadi ancaman tersendiri bagi kita. Jumlahnya banyak banget, warna warni pula. Mulai dari merah, kuning, ijo, hitam, semua bersoda. Bahkan teh pun ikut-ikutan bersoda. Lama-lama jamu juga bersoda! 
Kandungan gula dan zat lain yang ada dalam soda itu nggak baik buat tubuh kita lho. Dalam waktu 60 menit, banyak terjadi dalam tubuh kita. Kalau kamu minum soda seminggu 3 kaleng, hati-hati deh bro.

Berhenti minum soda bisa membuat berat badanmu berkurang setengahnya !

6.Kemana-mana naik mobil atau motor.


Dunia sekarang ini berbeda dibandingin 50 tahun yang lalu. Kebanyakan dari kita naik motor atau mobil kalau kemana-mana. 50 tahun lalu? Orang-orang kebanyakan jalan kaki kalau mau ke pasar atau beli obat asalkan jaraknya masih masuk akal ditempuh jalan kaki. Keluarga-keluarga jaman dulu lebih cenderung berjalan kaki dan menghabiskan waktu mereka bersama keluarga sambil mengobrol.
Kita bisa merubah gaya hidup kita supaya lebih banyak jalan kaki, kalau emang kita mau berusaha lebih lagi. Bersepeda tuh asyik lho. Coba deh.

7.Drive-thru dan delivery service makin menjamur.


Drive-thru udah dimana-mana. Mana ada drive-thru 50 tahun lalu? McDonalds aja belum punya drive-thru sampai tahun 1975, dan butuh beberapa tahun lagi sampai fasilitas ini ngetren. Apalagi sekarang ada yang namanya delivery service. Nggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pencet nomer, nunggu beberapa menit, hidangan pun bisa kalian santap. 
Yup, praktis banget. Ditambah lagi, sekarang lagi gencar "pasukan ijo" yang ngerangkep ojek sekaligus delivery service. Tapi ya resiko obesitas juga makin tinggi. Gerak dikit kenapa sih?

Ini nih 7 alasan kenapa kita-kita sekarang ini lebih berat dibandingin orang-orang 50 tahun lalu. Ayo dong gerak tuk wak ga pat! Semoga issue ini menginspirasimu untuk punya gaya hidup yang lebih sehat. Semangat!

Previous
Next Post »